Selasa, 01 Oktober 2019

Welcome to College's Life and How to Survive :)


JDFG,.JKJSKDVL
Orientation Day! LSPR DANCE



Hai guysss..

Finally di bulan September lalu my college’s life has begun.
Excited bangett, setelah 2 tahun gap year akhirnya tahun ini bisa kuliah:”)






  • September 16th, 2019 is my first day at college.

That day I had so many things on my mind, from what I was going to wear

to figure out where the class number and the floor it would be located at.

It was actually a day full of new experiences..It was the beginning of my dream to go to college and to pursue a higher education..I had so many emotions running trough me, it was the first time being in this level.. :’)I always wanted to be a college student, a serious student who would decide what to be in her life.




Kesan pesan ttg kuliah?



Mmm...

Saat ini aku masih mencoba beradaptasi sih karna ini bener-bener dunia yang baru bagi aku. And i think setiap orang juga mengalami hal yang sama, untuk masuk ke dunia baru mana pun perlu adaptasi. Me? sangat struggle di hari hari pertama.. even today, but somehow.. Lama-lama jadi bisa ketawa dan bisa bercanda kok sama temen temen

Luckily aku dapet kelas yang cukup asik dengan beberapa teman dekat. Dan mereka cukup bikin aku ketawa beberapa hari belakangan ini;))


But.. to be honest.

Sebenernya aku insecure banget.

Saat ini aku kuliah dengan kondisi wajahku yang masih belum pulih karna operasi bulan Agustus lalu.
Jadi hidung, dagu masih ada bekas lukanya yg nonjol banget dan masih aku pakein salep trus aku plester.. dan itu bikin aku auto jadi pusat perhatian:(
Dan lucunya first impression temen2 pada ngira aku operasi plastik HAHAHAHAH:(
tapi yaudah lah ya.. 
it’s okay to be different:)
 

Kehidupan perkuliahan pastinya punya dinamika yang beda dengan SMA. Saat ini aku dituntut lebih cermat dan mandiri, bisa berteman dengan siapa saja dan pandai memotivasi diri sendiri.

Aku percaya, jika dijalani dengan baik, kehidupan perkuliahan akan menjadi saat-saat yang tidak terlupakan dan sangat berguna buat kehidupanku yang selanjutnya. 


Yauda segitu aja curhatnya..

Sekarang aku bakal kasih tips & trick how to survive nih buat kalian yang udah di bangku kuliah. Sebenernya aku baru sebulan masuk kuliah sih HAHAHA but those things help much gitu lhoo. Sooooooooo here we goes!

1. MANAGE MONEY
For those who ngerantau kayak aku atau belum biasa ngatur uang dan suka boros, its important to you buat belajar manage uang dengan baik. Penting banget buat bikin rincian pengeluaran, even in real life,  gak semua rincian uang itu benar benar terjadi. But at least,  jangan sampe deh uang kita malah gak cukup buat hal hal yang penting:)



Jadi tulis aja segala kebutuhan dan anggarkan dengan uang tersebut.

Misalnya :


- Makan 3x sehari
- Transport
- Belanja
- Keperluan kampus dan tugas
- Main
- Uang jaga jaga

Sebisa mungkin, hindari minta uang tambahan, kamu harus cermat dalam menggunakan uang bulanan. Perhitungkan harus berapa kali kamu makan dalam sehari, harus beli kebutuhan apa aja untuk di kost, berapa budget untuk transportasi, dan lebih baik lagi kalau kamu bisa menabung.
Pikirkan juga budget  untuk main dengan teman-teman. Sosialisasi itu perlu, tapi jangan sampai akhir bulanmu merana, ya.

2. MANAGE YOUR TIME

Jadwal kuliah yang padat, latihan di club/UKM, rapat organisasi, main dengan teman-teman, dan sederet kegiatan lainnya akan membuat kamu kewalahan. Nggak menutup kemungkinan, jadwal padat itu bisa memberikan efek kurang baik pada nilaimu. Nahh jadi sedari awal kamu sudah harus tahu mana yang menjadi prioritas utama. Kamu harus tahu kegiatan mana yang wajib dan segera kamu lakukan terlebih dahulu. Atur waktu sebaik mungkin supaya kegiatanmu seimbang, dan tidak ada tugas atau kewajiban akademik yang keteteran.
Alarm dan catatan kecil baik di handphone atau buku catatan kita help much buat nata agenda kita. Jangan sampe kita kelupaan schedule, tugas-tugas dan bring important thing. Jadi manfaatkan teknologi dengan baik yaaa

3. PREPARE YOUR THINGS THE NIGHT BEFORE


Untuk menghindari running late, biasanya sebelum tidur menyiapkan outfit yang akan dipakai besok, mengisi botol minum & membereskan isi tas. Kadang aku juga nyiapin bekal untuk besoknya supaya tinggal dibawa aja. Ini sangat membantu buat saving time di pagi hari.


4. PERLUAS CIRCLE PERTEMANAN


Berteman di lingkaran yang itu-itu saja saat SMA? Sekarang waktumu untuk mengubahnya.

Saat sudah menjadi mahasiswa, kita perlu memperluas lingkaran pertemanan karna ini akan memudahkan kita dalam banyak hal: tugas kuliah, urusan organisasi, urusan ingin pindah kost, bahkan saat kamu sudah mulai mencari kerja nanti. Pastinya, pertemanan yang luas akan membantu kamu untuk membangun jaringan yang luas juga.


5. Eskplorasi bakat dan minatmu


Kuliah adalah saat yang tepat untuk kamu mengeksplor minat dan bakat kamu. Kalau di SMA dulu kamu udah pernah ikut ekstrakurikuler tertentu, kamu bisa lanjutkan minatmu itu dengan ikutan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di samping menyalurkan minat dan bakatmu, UKM juga bisa menjadi wadah untuk memperluas pertemanan karena lingkupnya yang mencakup 1 universitas.

Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu aka kuliah-pulang kuliah-pulang yahh!:p Selagi punya waktu, ini saatnya mengeskplorasi bakat dan minatmuJ
Selain ikut UKM, kamu juga bias banget ikut organisasi-organisasi di dalam maupun luar kampus. Dengan bergabung dalam organisasi, kamu dapat mengasah jiwa kepemimpinanmu dan belajar untuk mengorganisir kegiatan kampus. Banyak juga lowongan kepanitiaan event di luar kampus yang bisa kamu ikuti, seperti panitia acara musik atau festival film. Nggak ada salahnya untuk bergabung karena kamu akan dapat pengalaman yang luar  biasa.



Ok doneee! semoga 5 tips awal perkuliahan dari aku bisa membantu ya! Ini juga berguna buat kalian yang masih sekolah kok. Oh iya aku saranin setiap malam. belajar apa yang dipelajari hari ini dan mempelajari apa yang besok akan dipelajari. Bagus lagi kalo sempetin review materi kelas minggu lalu. Jadi pas masuk kelas, kamu lebih siap lagi untuk menerima pelajaran baru:)




Motto hidup aku sekarang adalah..
Work hard, Study hard, Play hard!:p


Tidak ada komentar:

Posting Komentar