Minggu, 01 September 2019

Introvert Problems


  
Repost from tumblr : @meylarevin
Hai, aku Meyla Revin dan ini postingan pertamaku. 
Aku sendiri adalah seseorang yang gemar menulis. 
Aku sempat membuat beberapa cerpen yang sering aku publish di blog pribadiku dan pernah juga dipublish di majalah sekolah.
Sebenarnya aku tau tumblr udah lama banget sejak kelas 8 SMP, tapi saat itu aku blm menggunakan android jadi hanya sebatas tau aja.. Dan sekarang tumblr ini jadi my best app karna banyak banget akun yang postnya interesting dan bermanfaat banget. 
Seriously I’m so in love with this app!💕

Di post pertamaku ini aku akan sedikit bercerita ttg kepribadianku.
Aku adalah seorang Introvert..
Yaa, aku termasuk salah satu dari para kaum introvert di dunia ini.
Dan aku, adalah seorang introvert 
yang gemar berada di depan laptop dan gadget berlama-lama.
Aku sangat jarang keluar rumah. 
Aku memang bukan orang yang suka berada di luar rumah untuk hal-hal yang aku anggap tidak penting. 
Aku juga tidak suka jika terlalu lama berada di tempat yang suasananya ramai. 
Aku tidak pandai memulai pembicaraan. 
Dan jika memulaipun, 
pasti hanya pembicaraan singkat.
karena aku lebih banyak menjadi pendengar dibandingkan pembicara. 
Namun, jika aku berbicara dengan sahabatku, 
aku bisa menceritakan apapun dg panjang x lebar. 
Sangat berbeda jika aku berbicara dengan temanku yang lainnya. 
Yah, begitulah aku….

Dulu saat SD, aku adalah seseorang yang sangatt pendiam. 
Aku tidak pernah berbicara, bahkan saat diminta guru membaca buku/lks dg suara yg keras, aku tidak bisa. 
Aku membacanya dg sangat lirih sampai teman2ku jengkel karna suaraku ngga kedengeran. 
Aku selalu melihat diriku tidak sama seperti teman-teman sebayaku pada umumnya. 
Aku merasa berbeda. 
Aku selalu bertanya 
" Kenapa aku seperti ini? Apa yang membuatku seperti ini? Apa yang salah pada diriku ? Apa yang harus aku lakukan supaya dapat seperti mereka? "
Sungguh, aku tidak mengerti dengan semua ini…
Sampai akhirnya mereka mulai tidak menyukaiku.
Ada hal yang membuat mereka mengejekku. 
Hingga aku sering menangis di kelas karena mereka. 
Aku lemah, sangat lemah. 
Aku hanya diam. 
Aku tidak bisa membalas mereka. 
Aku tidak berani. 
Sungguh, semua itu membuat hatiku sakit. 
Ketika mereka mengejekku, aku hanya diam. 
Namun, sebenarnya batinku menangis. 
Perih. 
Perih sekali..

Sepanjang perjalanan pulang, aku hanya berusaha menahan rasa sakit itu. 
Berusaha menahan agar air mataku tidak jatuh. 
Ketika sampai di rumah aku tidak menunjukkan kesedihanku pada mama. 
Aku tidak mau membuat mama sedih. 
Yang aku lakukan adalah masuk ke dalam kamar dan menangis sepuasnya di sana. 
Aku mengadu pada Allah. 
Aku sempat menanyakan keadilan kepadaNya. 
"Ya Allah, Kenapa aku seperti ini, kenapa aku tidak sama dengan mereka. Kenapa aku lemah. Kenapa ya Allah, kenapa ??"
 Pertanyaan itu selalu ada dalam diriku dan selalu aku luapkan saat aku menangis di dalam kamar. Tak pernah ada yang tahu jika aku selalu menangis di dalam kamar. Entah karena problem keluarga ataupun problem sekolahku..

Tak terasa, waktu berjalan begitu cepat. 
Aku mulai meninggalkan teman-temanku di SD. 
Saat SMP aku berusaha menghilangkan sifat introvertku ini dengan mengikuti kegiatan organisasi. 
Alhamdulillah, sifat introvertku ini bisa berkurang. 
Hanya saja, memang tidak bisa sepenuhnya introvertku ini hilang.
Aku tetap tidak pernah berbicara dg laki2. 
Di dalam organisasipun aku hanya berbicara jika hal itu penting.
Jadi, tak heran jika aku menjadi anggota yang lebih pendiam dibanding dengan anggota lainnya. 

Yah, sifatku ini terkadang membuatku sedih. 
Namun aku terus berusaha untuk merubah sifatku ini.

Aku mulai aktif di sosial media. 
Inilah satu2nya tempat untuk melampiaskan kesepianku.. 
disini aku bebas mengungkapkan semua yang aku rasakan. 

Disini.. 
banyak orang yang mengenalku. 
dan aku, dengan mudahnya mendapat banyak teman.

But, in real life, 
tetap aja aku masih pendiam.. 
Terkadang orang lain terutama seorang ekstrovert tidak bisa memahami seorang introvert. 
Banyak hal2 yang tidak diketahui oleh seorang ekstrovert tentangku.. Mereka sering menganggap diriku adalah orang yang sombong, karena aku jarang menyapa dan tak pernah mengawali pembicaraan.

Jika aku boleh jujur.. 
Sebenarnya sama sekali aku ngga berniat seperti itu. 
Aku sangat ingin bisa bebicara panjang lebar dengan mereka. 
Ingin sekali. 
Namun, aku tidak tahu bagaimana aku harus memulainya.
Andai kalian tau bagaimana sebenarnya hati ini sangat menyayangi kalian teman-temanku. 
Meskipun kita jarang ngobrol, 
meskipun aku jarang ikut acara jalan-jalan kelas, 

aku tetap menganggap kalian adalah temanku. 
Aku bahagia memiliki teman seperti kalian. 
Kalian yang selalu menghiburku di kelas. 
Kalianlah yang mampu menghidupkan suasana di kelas menjadi ramai. 
Kalian tau, hatiku sangat terhibur dengan adanya kalian..
Dengan semua tingkah laku dan canda tawa kallian. 
Andai kalian tau bahwa aku sangat menyayangi kalian.. 
Aku bukannya sombong dan ga mau bergaul, 
aku hanya ngga tau gimana caranya untuk bisa seperti kalian:’)

Menjadi seorang introvert memang tidaklah mudah. Namun aku akan membuktikan, aku bisa melakukan lebih baik daripada yang orang ekstrovert lakukan. Aku akan membuktikan bahwa kaum introvert itu bisa.
Albert Einstein, Abraham Lincoln, J.K. Rowling, Christina Aguilera, Mahatma Gandhi, Rosa Parks, Warren Buffet, Tom Cruise, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Audrey Hepburn, dsb. Mereka adalah beberapa introvert yang sukses. Siapa tahu aku juga akan menjadi salah satunya😊

Positive thinking. And believe to myself. I know I can!!✊
Dari tadi ngomongin soal introvert. 
Buat yang masih bingung,
Jadi sebenarnya, apa sih introvert itu?
Dalam segi bahasa,
introvert mempunyai arti tertutup
sedangkan istilah adalah pribadi yang cenderung menyendiri, pendiam, tidak ramah dan anti sosial.
Umumnya orang introvert itu senang intropekstif dan sibuk dengan kehidupan internal mereka sendiri. Tentu saja mereka juga mengamati dunia luar, tetapi mereka melakukannya secara selektif, dan memakai pandangan subyektif mereka sendiri.

Namun, seorang Introvert tak sepenuhnya senang menyendiri, hanya saja mereka lebih memilih untuk memiliki segelintir teman dekat namun padat seperti buku. Maksudnya adalah, teman yang memiliki cerminan pengetahuan dan pengalaman yang ada di hidup ini. Seorang Introvert pun tidak pernah menceritakan tentang hal yang bersifat pribadi kepada sembarang orang. Mereka memilih orang yang tertentu yang ia percaya.
Ciri ciri orang introvert:

1) Berbicara dan Berinteraksi Sepenuhnya.

Orang introvert bukan tidak suka bersosialisasi, tapi mereka tidak suka basa – basi dan hanya berbicara sesuatu yang ingin mereka katakan dan menurut mereka penting. Tapi, jika orang introvert sudah bertemu dan membicarakan topik kesukaannya, mereka akan berbicara terus tanpa berhenti.
Introvert itu pemalu, mereka takut untuk berinteraksi kepada orang lain, tetapi mereka hanya berinteraksi dengan orang lain jika mereka punya alasan dan penting bagi mereka. Maka dari itu jika kamu ingin mengajak bicara seorang introvert, biasanya kamu dulu yang membuka percakapan.

2) Bersahabat dengan tulus

Orang Introvert bukan tidak ingin memiliki hubungan, tetapi mereka sangat menghargai jika mereka memiliki hubungan khusus dengan sedikit orang. Menurut mereka, semakin sedikit teman maka semakin sedikit masalah yang ditimbulkan, mereka lebih suka fokus dan memperhatikan teman – teman yang memang mengerti mereka. Jika kalian beruntung memiliki sahabat seorang introvert, kalian akan memiliki sahabat yang setia dan akan diterima keberadannya oleh mereka.
Karena itulah, orang introvert lebih suka sendirian dan tidak banyak jalinan, karena orang introvert sangat nyaman dengan dunia di fikiran mereka sendiri, dan memiliki banyak pencapaian, tetapi mereka juga membutuhkan orang untuk berbagi mengenai apa yang mereka telah capai. Mereka hanya membutuhkan satu orang untuk berbagi hal tersebut. Karena itulah orang introvert sangat setia dan tulus kepada orang yang mereka anggap SAHABAT.

3) Tidak suka terlibat kegiatan publik

Orang introvert bukan tidak suka pergi ke tempat umum, tetapi mereka tidak suka berada di tempat publik untuk waktu yang lama karena mereka tidak ingin terlibat dalam berbagai kegiatan publik yang ramai dan penuh kesibukan.
4) Cenderung lebih suka “memasuki” dunia imaginer, bisa merenung yang kreatif.
5) Perasaan halus dan cenderung untuk tidak melahirkan emosi secara menyolok, biasanya melahirkan ekspresinya dengan cara-cara yang halus yang jarang ditemukan pada individu-individu lain.
6) Sikapnya “tertutup”, sehingga jika ada konflik-konflik disimpannya dalam hati dan ia berusaha menyelesaikannya sendiri.
7) Banyak pertimbangan, sering mengadakan analisis dan kritik diri
8)  Sensitif terhadap kritik, pengalaman-pengalaman pribadi bersifat mengendap dalam kenangan yang kuat, apalagi hal-hal yang bersifat pujian atau celaan tentang dirinya.
9) Pemurung dan cenderung selalu bersikap menyendiri, serta kurang bergaul.
10) Lemah lembut tindak dan sikapnya, serta punya pandangan idealis .
11)   Biasanya pemalu
12)  Tidak suka atau tidak berani tampil di depan umum

Keunikan dan kelebihan yang dimiliki oleh kaum introvert :

1) Bakat Disukai
Kami para Introvert biasanya jarang bicara, karena kami lebih senang mendengarkan. Ketika mendengarkan kalian berbicara, kami juga mengamati bahasa tubuh kalian.
Bakat ini membuat kami para kaum introvert, mampu menjadi pendengar yang baik, salah satu dari 10 kepribadian megnetis.
Oleh karena itu banyak orang yang nyaman dengan kami.
2) Bakat Menulis
Kami para introvert adalah orang yang serius ketika menulis. Seperti kalian, kami juga memanfaatkan teknologi dan medsos untuk mem-publish tulisan kami.
Sebenarnya, kami menggunakan skill ini untuk memengaruhi orang lain secara lebih mendalam. Kami menyusun dan mengembangkan argumen dengan baik untuk memotivasi atau tujuan lainya.
Oleh karena itu, di sekolah atau dimanapun kami memiliki alur berpikir yang sistematis dan kompleks seperti algoritma program komputer.
3)  Bakat Akting
Apa kalian tahu bahwa kami para introvert, pandai berpura - pura di depan kalian?
Kami tidak peduli pada ulang tahunmu, tetapi kami mungkin akan ikut berpartisipasi dalam merayakannya.Kami tidak peduli kalian ingat atau tidak mengenai ulang tahun kami. Dunia tidak perlu tahu hal - hal seperti itu.Kami benci kerumunan orang banyak. Hal itu hanya akan menghabiskan energi kami. Kami tahu pasti siapa yang kami suka dan tidak.

4) Bakat Kreatifitas, Out Of The Box
Kami para Introvert memang sering menghabiskan waktu sendirian. Tujuannya untuk mengisi ulang energi kami. Setelah itu kami akan siap memasuki dunia sosial lagi.
Ketika menghabiskan waktu sendirian, kami layaknya orang yang bermeditasi. Pikiran kami menjadi lebih jernih, dan banyak ide yang bermunculan.
Dan apa kalian tahu? sepanjang hari, pikiran kami dipenuhi dengan berbagai imajinasi yang beterbangan kesana kemari.
Jika kami menuangankan ide itu, maka akan menjadi karya kreatif yang out of the box

5) Bakat Menjadi Pemimpin
Introvert juga bisa menjadi seorang pemimpin yang hebat, dengan sifat alamiah yang mereka miliki, seperti :


  • Dengan kepekaan alami yang mereka miliki, introvert bisa mendengar serta memahami orang lain.
  • Kebiasaan berpikir sebelum bertindak membuat mereka tak sembarangan dalam menghadapi tantangan.
  • Kepribadian mereka yang tenang adalah amunisi untuk menyelesaikan suatu permasalahan hingga ke akar.
  • Terbiasa bekerja sendirian, orang introvert sudah pasti bisa diandalkan.
  • Sebagaimana es, kepala mereka akan tetap dingin di tengah suasana yang panas
  • karena keahlian bicara bukan kartu truf mereka, kemampuan menulis para introvert biasanya di atas rata-rata. (kalo aku masih dipertanyakan he.. he.. he.. :D)
  • Mereka secara alami sudah memiliki karakter seorang pemimpin: tidak bisa berdiam diri dan tak pernah cepat puas

Jadi positive thinking aja, introvert itu bukan suatu kepribadian yang buruk kok! Banyak juga introvert yang sukses di masa depannya. Para introvert tentunya mempunyai bakat terpendam masing – masing. Yuk bisa yuk!:) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar